BLOG-NYA PAK GURU IBNU

Berisi hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran

Monday, November 16, 2015

BELAJAR TANPA TATAP MUKA, TAPI MASIH TERKONTROL.


Pembelaran online adalah pembelajaran yang mengandalkan alat elektronik yang dapat terhubung ke jaringan internet. biasa juga disebut dengan e-learning. Tentunya kontennya adalah segala suatu yang berhubungan dengan pendidikan.

Ada banyak sekali situs-situs pembelajaran online yang tersedia. Beberapa contohnya yang populer adalah brainly, ini budi, google classroom, quipper school dan sebagainya. Media-media pembelajaran online ini ada yang menyediakan materi saja, ada yang menyediakan materi, model pembelajaran, ada juga yang sifatnya interaktif. interaktif di sini berarti ada interaksi antara guru dan murid. Misalnya, guru memberikan Pekerjaan Rumah melalui media online tertentu yang dapat dikerjakan langsung oleh siswa melalui situs media online tersebut.

Di antara media online pembelajaran di atas, ada satu yang sangat menarik perhatian penulis. yaitu quipper school. Quipper School sendiri terbagi atas dua portal, untuk guru, dan untuk siswa. Jika kita masuk dalam portal guru, ada pilihan untuk bergabung dengan sekolah-sekolah tertentu yang sudah disetujui oleh pihak quipper untuk menjadi sekolah dengan akun resmi. Apabila anda mendaftar sebagai sekolah baru, anda akan diminta untuk memasukkan nama sekolah anda sendiri. Artinya, 1 guru akan punya 1 sekolah walaupun nama sekolanya sama, selama sekolah kita belum menjadi sekolah dengan akun resmi di quipper school.

Untuk portal siswa, siswa akan mengetahui ada tugas-tugas baru yang diberikan oleh guru. setelah mengerjakan, mereka dapat melihat nilai mereka. Ada dua jenis pengambilan nilai. yang pertama adalah tugas. Tugas ini disertai pula dengan materi pembelajaran. Sebelum mengerjakan tugas, siswa dapat membaca terlebih dahulu materinya. kemudian, siswa dapat mengulang pertanyaan tersebut sampai semua pertanyaan dijawab dengan benar. Selain tugas, ada pula yang namanya ujian. Pada ujian, tidak ada materi yang dapat dibaca. Selain itu, siswa tidak dapat mengulang menjawab pertanyaan tersebut.

Seluruh tugas, dan ujian yang dikerjakan siswa ini dapat di unduh oleh guru dalam bentuk excel berikut keterangan-keterangan seperti nilai, pada nomor berapa saja mereka mengerjakan soalnya dengan benar dan salah, berapa kali mereka mengulang menjawab pertanyaan pada sial tugas.

kelebihan dari quipper school ini sangat menolong untuk pemberian tugas. Meringkas pekerjaan guru dalam hal pengoreksian dan pembuatan soal, karena walaupun kita dapat membuat sendiri soal kita, ada soal-soal yang sudah tersedia yang relevan dengan kurikulum KTSP maupun kurikulum 2013.

Kekurangannya? Tentu saja ada, bahka Ujian Nasional (UN) berbasis Komputer-pun tetap ada kekurangannya. Di mana kekurangannya? Siswa bisa saja bekerja sama dalam pengerjaan tugas ini, bahkan kalau berupa tugas rumah siswa dapat minta tolong pada guru les mereka. Untuk itu, lebih baik dikerjakan bersama-sama di sekolah diawasi langsung oleh guru. Sedangkan untuk tugas rumah, lebih cocok menggunakan tugas, karena bisa mengulang dan ada materi untuk tugasnya.

Silakan mencoba sendiri, silakan agan-agan sekalian mencari di google dengan kata kunci quipper school. Semoga bermanfaat.



0 comments:

Blogger news